Sabtu, 18 Februari 2017

TERIMA KEGAGALAN SEBAGAI PELAJARAN



Kegagalan merupakan label yang seringkali label seringkali kita hubungkan dengan suatu tindakan  yang tidak berhasil dan begitu diterapkan, label ini membuat kita dikatakan orang yang tidak mampu. hal ini menurunkan semangat kita untuk menjadi orang yang sukses. Pada saat kita masih kecil, kegagalan tidak mempunyai konsep "kegagalan". Jika kita memiliki konsep kegagalan, maka kita tidak akan dapat menulis dan dapat menulis dan tidak akan dapat berjalan. Karena untuk berbicara, menulis dan berjalan harus melalui kegagalan yang tak terhitung jumlahnya. Demikian juga dalam dunia bisnis juga dapat meniru kegagalan kita di masa kecil dan kita dapat belajar dari kegagalan tersebut.

Coca-Cola mengalami kegagalan pada tahun pertama penjualannya. Penjualan dilakukan dengan menempatkan Coca-Cola pada tempat minuman di Apotek dan menghabiskan dana 73,96 dolar untuk melakukan promosi lewat spanduk dan kupon iklan. Kegagalan tersebut membuat Coca-Cola membuat kesadaran adanya media lain, yaitu media massa yang mempunyai kekuatan lebih dibanding media lainnya saat itu dan mempromosikan Coca - Cola dengan suasana kegembiraan.

Matshushita memproduksi untuk pertama kali adalah adaptor steker. Adaptor ini sesungguhnya telah di usulkannya kepada majikannya terdahulu tetapi tidak memperoleh tanggapan. Untuk membuat produk ini, Matsushita bersama empat kawannya membutuhkan waktu empat bulan. Setelah produk ini jadi, ternyata tidak seorangpun mau membeli produk ini.

Pada tahun 1993, Compaq yang pada saat itu sebagai pemimpin pasar penjualan PC, melakukan pemotongan harga untuk menyaingi Dell. Hasilnya Dell Computer menderita kerugian 65 juta dolar pada enam bulan pertama, yang menyebabkan hampir bangkrut. Dell belajar dari kegagalan ini. Ia mencoba mencari cara lain untuk menjual komputer. Akhirnya Dell melakukan perubahan yang sangat mendasar dalam proses bisnisnya dengan mengenalkan E-Commerce. Pada tahun 1999, Dell dapat menjual 1,7 juta dolar per hari lewat situs E-Commercenya. Saham Dell naik 2000 persen dalam dua tahun. Dell mampu bersaing dengan perusahaan berkelas dunia seperti IBM, Compaq, HP, dan Bell-Nec. Bahkan pangsa pasar dan keuntungannya terus meningkat dan akhirnya menjadi PC terbesar di dunia.

Kita dapat belajar dari perusahaan - perusahaan tersebut sebagaimana pada awalnya mereka harus mengalami kegagalan yang luar biasa dan akhirnya dapat mencapai kesuskesan karena ketekunan mereka dan kesabaran mereka dalam menghadapi kegagalan.

Sumber: Buku "SMART IN ENTREPRENEUR: BELAJAR DARI KESUKSESAN PENGUSAHA TOP DUNIA" by  Prof. Dr. M. Suyanto
Info Kampus: amikom.ac.id
Load disqus comments

0 komentar